3 Kategori Manusia di Hari Akhir, Ada yang Berjalan dengan Wajahnya

Di hari akhir zaman, segala manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar. Sebuah tempat yang belum pernah dihuni sebelumnya oleh manusia.

Segala manusia mulai yang paling permulaan dibuat hingga manusia yang tercipta paling akhir seluruhnya akan dikumpulkan di sana. Ada 3 golongan atau golongan berdasarkan penuturan Ibnu Katsir dalam kitabnya yang berjudul An-nihayah, fitan wa ahwal akhir az zaman.

Pengelompokan manusia itu berdasarkan amal perbuatannya. Bila bagus, karenanya ia juga akan berkumpul atau berkelompok dengan orang-orang yang bagus.

Bila jahat, karenanya ia juga akan berkumpul dengan orang-orang jahat. Oleh sebab itu memasuki bulan Ramadhan 2024 ini, seyogyanya momen barokah ini dimanfaatkan sebaik-pantasnya untuk banyak mengerjakan amal shaleh

3 Kategori Manusia

Mengutip buku Dahsyatnya Hari Akhir oleh Ibnu Katsir lewat Republika, Rasulullah SAW mengatakan bahwa pada hari itu manusia dikumpulkan menjadi tiga golongan. Kategori pertama pejalan kaki, golongan kedua berkendaraan, dan golongan ketiga yang berjalan dengan wajah mereka.

Para teman bertanya, \\\”Duhai Rasulullah, bagaimana agen sbobet metode mereka berjalan di atas wajahnya?\\\” Beliau menjawab, \\\”Sebenarnya, Dzat yang mengerjakan mereka di atas kakinya cakap mengerjakan mereka di atas wajahnya. Bukankah mereka itu berlindung dengan wajahnya dari tiap tempat tinggi dan duri?\\\” (HR. Ahmad)

Berdasarkan Imam al-Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub al Muqarrib ila Hadhrah ‘Allam al Ghuyub yang diterjemahkan oleh Jamaluddin, padang mahsyar yakni tempat berkumpulnya segala manusia setelah dibangkitkan kembali dari kematian mereka. Segala umat manusia berkumpul tanpa alas kaki, telanjang, dan tak dikhitan.

Rasulullah bersabda, \\\”Manusia dibangkitkan kembali dalam situasi tak bersandal, telanjang, dan tak bersunat. Sungguh, mereka dikekang oleh keringat dan mencapai cuping alat pendengar.\\\”

Diriwayatkan, Saudah berkata, \\\”Betapa buruknya, beberapa dari kita memperhatikan beberapa kita yang lain.\\\” Nabi menjawab, \\\”Manusia terlalu sibuk untuk mengerjakan hal itu.\\\”

Allah berfirman: \\\”Tiap-tiap orang dari mereka pada hari itu memiliki urusan yang menyibukkannya.\\\” (QS Abasa ayat 37)

Keadaan Mereka Sibuk dengan Dirinya

Betapa agungnya sebuah hari, dikala aurat-aurat terbuka melainkan meski demikian, perbuatan memperhatikan dan menoleh tak dikerjakan. Bagaimana mungkin hal itu dikerjakan, meski mereka berjalan menggunakan perut dan wajah mereka sehingga mereka tak cakap untuk memperhatikan orang lain.

Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, \\\”Pada hari akhir zaman, manusia dikumpulkan di padang Mahsyar menjadi tiga golongan, yakni golongan yang berjalan berkendaraan, golongan yang berjalan kaki, dan golongan yang berjalan menggunakan wajahnya.\\\” Seseorang bertanya, Duhai Rasulullah, bagaimana mereka berjalan menggunakan wajah mereka?\\\” Rasulullah menjawab, \\\”Ia yang menjadikan mereka berjalan menggunakan kaki, juga bisa menjadikan mereka berjalan menggunakan wajah.\\\”

Berdasarkan Ustadz Nur Roman dalam kajian Kitab Jauharatut Tauhid di kanal Youtube NU Online, golongan di Padang mahsyar yang berkendara yakni para rasul, para nabi, dan para wali Allah. Meskipun golongan yang berjalan kaki yakni orang-orang yang muslim, melainkan pernah mengerjakan dosa besar selama hidupnya.

Kategori terakhir berjalan dengan kepala mereka, dengan wajah mereka yang diseret oleh malaikat yakni golongan orang-orang kafir.