Kolam Pemandian Alami Nan Eksotis di Bandung

Kolam Pemandian Alami Nan Eksotis di Bandung

Alam tidak pernah kehabisan cara untuk menyihir manusia dengan keindahan lanskapnya. Pemandangan hijau, kejernihan air yang mengalir dan semilir angin memberikan kenyaman serta ketenangan bagi setiap pengunjung. Sejuknya udara yang masuk melalui rongga hidung seakan memberi kedamaian jiwa. Situasi inilah dambaan para kaum urban yang tinggal di ibu kota.

Tidak bosan-bosan Jawa Barat kian menunjukkan pamornya sebagai provinsi yang kaya akan judi bola online objek wisata. Kali ini giliran Bandung yang unjuk gigi memamerkan objek wisata alam yang menawan. Sendang Geulis Kahuripan merupakan tempat wisata cantik dan mulai ramai didatangi masyarakat.

Jalur yang kurang baik maka disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja. Penggunaan mode transportasi itu direkomendasikan karena akses jalan yang sempit. Parahnya saat musim hujan, jalur menjadi berlumpur. Oleh karenanya perlu kesabaran yang tinggi untuk mencapai lokasi wisata indah ini.

Pengorbanan itu terbayar setibanya di Sendang Geulis Kahuripan. Panorama kehijauan hutan yang menggepung area wisata menyambut kehadiran wisatawan. Keberadaannya cukup tinggi di tengah lembah sehingga memanjakan pengunjung dengan udara segar dan sejuk. Sampai-sampai rasanya ingin menghirup udara sedalam mungkin. Rasa lelah selama perjalanan sirna dalam hitungan detik.

Sedang Geulis Kahuripan sejatinya adalah sebuah kolam mata air. Masyarakat sekitar biasa menyebut tempat wisata hits ini dengan Talaga Cikahuripan. Layaknya sebuah nama pasti memiliki makna yang terkadung. Talaga Cikahuripan mempunyai arti secara harfiah “danau di tengah pengunungan yang memberikan kehidupan.”

Bukan hanya sekadar nama, kenyataannya Sendang Geulis Kahuripan memang menebar manfaat bagi warga sekitar. Sumber airnya digunakan untuk keperluan sehari-hari warga Kampung Cilangkop. Bahkan sebelum menjadi tempat wisata, orang sekitar mencuci baju di tempat indah ini.

Jangan khawatir ataupun membayangkan air menjadi kotor akibat busa dari sabun cuci. Pasalnya, sumber mata air ini akan terus mengeluarkan air. Dengan begitu air yang sudah kotor akan mengalir dan berganti secara otomatis bersih seperti semula. Namun karena saat ini Sendang Geulis sudah menjadi objek wisata terkenal maka warga pun sudah tidak lagi mencuci di sana.

Usut punya usut, air di Sendang Geulis Kahuripan bersumber dari mata air alami yang berasal dari celah batuan. Air ini terus keluar jadi sangat minim kejadian air berubah keruh atau terdapat kotoran pada aliran airnya. Alhasil air dijamin dalam kondisi prima dan bersih. Jadi para wisatawan tidak perlu ragu lagi untuk berendam atau berenang di kolam ciptaan Tuhan yang indah ini.

Konon katanya, airnya mengandung khasiat bagi kulit. Apalagi bagi kaum hawa yang menginkan kulitnya semakin mulus. Segera jadwalkan untuk singgah di mata air cantik ini. Bahkan beberapa lainnya percaya air objek wisata nge-hits ini mampu menyembuhkan macam-macam penyakit kulit.

Selain memiliki benefit bagi kesehatan kulit, air di kolam instagramable mengandung kadar oksigen yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kejernihan kolamnya. Sampai-sampai dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, air di Sendang Geulis dapat diminum secara langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu, mengingat pula ini berasal dari sumber mata air alami pengunungan.

Agak berbeda dengan widata alam lainnya, wisata populer di Kabupaten Bandung Barat ini menyediakan dua kolam alami dan dua kolam buatan. Semua air baik di kolam alami atau buatan berasal dari satu mata mata. Sehingga kesegaran dan kejernihan air yang dirasakan di setiap kolam sama saja.

Kolam alami pertama letaknya dekat dan menampung langsung air dari sumber utamanya. Lubang ini kira-kira berukuran 7×12 meter. Jika wisatawan ingin mendapatkan kesejukan dan kesegaran air maksimal maka kolam inilah yang cocok.

Sedangkan, kolam alami kedua lokasinya di bawah kolam pertama. Tempatnya jauh lebih besar daripada kolam sebelumnya. Meski airnya berasal dari kolam pertama namun airnya tidak kalah jernih. Kedua kolam alami ini tergolong dangkal karena kedalamannya yang tidak lebih dari satu meter.

Di bawah kolam alami kedua barulah kita temukan kolam buatan atau kolam renang. Bedanya dengan kolam renang lainnya adalah airnya langsung dari mata air jadi bebas kaporit. Mata tidak perih dan rambut pun tidak rusak. Walaupun berada paling bawah, kebersihan air tetap stabil.

Antara kolam alami dan buatan jaraknya tidak begitu dekat. Untuk memudahkan berpindah dari satu kolam ke kolam lainnya, pihak pengelola wisata membuat tangga. Tangga ini berbahan semen sehingga tidak licin walaupun hujan. Selian itu ada pegangan juga jadi tidak perlu takut terpeleset ketika tangga licin atau basah.

Menurut kepercayaan warga setempat, kebersihan air ini karena adanya pohon karet yang kelihatannya sudah ada sejak lama. Pohon karet sebagai “penjaga” kejernihan dan kemurniaan air di Sendang Geulis Kahuripan. Benar atau tidak mitos tersebut, keberadaan pohon itu dan pohon-pohon di sekitar kolam eskotis ini menghadirkan keteduhan. Sehingga momen berendam jadi tambah rileks.

Pencantuman kata “geulis” dalam susunan nama destinasi alam ini sangat tepat. Geulis yang berarti cantik mewakili keanggunan pesona alam yang tersaji. Rindangnya pepohonan perbukitan Cikalong wetan dikombinasikan dengan kesegaran udara lantas menciptakan suasana nan syahdu. Pasti pengunjung akan terbuai dengan keindahan alam ini dan berniat kembali lain waktu.