Kuliah Teknologi Laboratorium Medis, Belajar Ini!

Kuliah Teknologi Laboratorium Medis, Belajar Ini!

Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan)

Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) atau Analisis Kesehatan merupakan salah satu jurusan di bidang ilmu kesegaran yang berkecimpung terhadap pengelolaan didalam kontrol laboratorium.

Saat mampir ke laboratorium medis maupun rumah sakit, kalian akan mendapatkan profesi laboran atau tenaga laboratorium. Juga dikenal sebagai analis kesehatan. Mereka merupakan lulusan berasal dari Jurusan Teknologi Laboratorium Medis.

Apakah kalian berminat jadi seorang laboran? Sebelum itu, pastinya kalian perlu mengenal Jurusan TLM secara detail. Apa saja yang dipelajari sepanjang kuliah Jurusan TLM? Berapa lama kuliah yang dibutuhkan? Pertanyaan-pertanyaan berikut akan terjawab didalam ulasan berikut ini.

Apa Saja yang Dipelajari Mahasiswa Prodi TLM?

Mahasiswa TLM mempelajari perihal tata cara jadi seorang tenaga kesegaran yang bertugas beri tambahan pelayanan, pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal berasal dari manusia maupun lainnya. Tujuannya adalah memahami jenis, penyebab penyakit, kondisi kesehatan, dan juga aspek yang memengaruhi kesegaran seseorang maupun masyarakat luas.

Analis kesegaran bertugas untuk menopang diagnosa yang ditentukan oleh dokter dan tenaga kesegaran lainnya. Selama kuliah Prodi TLM, mahasiswa akan mempelajari tehnik pengambilan darah. Selanjutnya, mereka melaksanakan pengamatan dan kontrol di laboratorium. Juga mempelajari cara kontrol darah, urin, bakteri, dan parasit yang terdapat didalam tubuh manusia.

Ini Dia Beda D3 Anafarma Dengan S1 Farmasi

Beberapa mata kuliah yang akan kalian temui sepanjang kuliah Prodi TLM antara lain Biokimia, Histologi, Instrumentasi, Kimia Analitik, Bakteriologi, Biokimia, Epidemiologi, Parasitologi, Toksikologi, Virologi, dan tetap banyak lainnya. Jurusan ini cocok bagi kalian yang senang dengan mata pelajaran Kimia dan Biologi sekaligus melaksanakan riset dan penelitian.

Berapa Lama Kuliah Prodi Teknologi Laboratorium Medis?

Durasi kuliah Prodi TLM terkait berasal dari jenjang pendidikan yang diambil. Untuk Prodi D3 TLM, sementara kuliah yang diperlukan adalah 3 tahun atau 6 semester. Lain halnya dengan Prodi D4 TLM yang memerlukan sementara kuliah 4 tahun atau 8 semester.

Itu sementara rata-rata. Namun seringkali ditemukan mahasiswa yang molor selesaikan studinya. Pihak universitas beri tambahan batas sementara maksimal untuk jenjang S1 dan D4 hingga 14 semester atau 7 tahun. Sedangkan, batas sementara kuliah maksimal untuk jenjang D3 adalah 10 semester atau 5 tahun. Ketentuan itu tertuang didalam Peraturan Menteri Ristekdikti Nomor 44 Tahun 2015.

Dapat Gelar Pendidikan Apa?

Sama halnya dengan durasi kuliah, gelar pendidikan yang diperoleh lulusan Prodi TLM terkait berasal dari jenjang pendidikannya. Bagi lulusan D3 TLM, akan memperoleh gelar Ahli Madya Kesehatan (AMd.Kes). Sementara itu, mahasiswa yang sukses selesaikan studi D4 TLM akan memperoleh gelar pendidikan Sarjana Terapan Kesehatan (S.Tr. Kes).

Mau kuliah D3 atau D4 TLM? Kampusnya, IIK Bhakti Wiyata saja. Kampus Kesehatan Terbaik di Kediri ini mempunyai Prodi D3 TLM dan Prodi D4 TLM. Dua prodi ini tergabung didalam Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan. Dilengkapi dengan sarana modern dan tenaga pendidik profesional, lulusan Prodi TLM siap menghadapi dunia kerja. Ayo daftar sekarang juga!