Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Bikin Paket VVIP di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Jakarta – Bukan lagi kabar baru bahwa Masjid Istiqlal Jakarta telah jadi salah satu destinasi untuk jemaah melakukan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Demi mengakomodasi kebutuhan jemaah mereka yang bervariasi, masjid peraih penghargaan Green Mosque pertama di dunia itu menginisiasi paket iktikaf, termasuk yang VVIP.

Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal (Plt Ketua Harian BPMI) Buchari Sail Attahiry, mengatakan bahwa ini dulunya tidak diatur secara khusus. “Tapi, setelah melihat tampaknya perlu diorganisasi, kami bikin namanya iktikaf VVIP supaya terkelola dengan baik,” katanya di acara weekly press breafing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara hybrid, Senin, 18 Maret 2024.

Nantinya, (selama iktikaf) kami akan perhatikan sekali slot77 sahur dan buka puasanya. Kemudian, ada juga agenda-agenda, seperti ceramah-ceramah, termasuk qiyamul lail sebagai yang utama,” beber KH. Buchari. “Kami juga berikan tahsin dan kajian.”

Pihaknya juga menyediakan ruang khusus laki-laki dan perempuan secara terpisah. Ruangan ini, ia melanjutkan, juga bisa dipakai menaruh barang maupun istirahat sejenak. “Aman, karena ada security yang jaga,” ia menjamin.

Ia menyebut bahwa peminat paket iktikaf di Masjid Istiqlal “sangat banyak.” “Tahun lalu, kami buka sampai 400 orang, tapi peminatnya itu sampai ribuan,” ucapnya.