Tekno: Prestasi Teknik Sipil Unej, Investasi Microsoft, dan Cuaca Jawa Barat

Jakarta – Top 3 Tekno Informasi Terkini Senin pagi ini, 6 Mei 2024, dimulai dari artikel prestasi regu mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember (Unej).

Mereka memenangi kompetisi internasional Bridge Design Competition (BDC) 2024 yang diselenggarakan Nanyang Technological University Singapore dengan mengalahkan antara lain regu tuan rumah dan sejumlah universitas lain yang lebih bergengsi dari Tanah Air.

Informasi terpopuler kedua datang dari Malaysia di mana Microsoft menentukan investasi senilai 2,2 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 35 triliun. Lebih besar ketimbang janjinya di Indonesia, skor investasi Microsoft itu juga yang terbesar selama 32 tahun di Malaysia.

Prediksi cuaca BMKG untuk kawasan Jawa Barat sepekan ke depan menjadi isu terpopuler ketiga. Potensi hujan sedang hingga sungguh-sungguh lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang dengan skala lokal dan berdurasi singkat disebutkan hanya empat hari, sementara tiga hari lainnya nihil

Bridge Design Competition (BDC) 2024 yang diselenggarakan Nanyang Technological University Singapore menjadi arena pembuktian regu mahasiswa Teknik Sipil Universitas Jember (Unej). Tim yang menamakan diri Logawa Vittoria itu meraih kampiun pertama dan memiliki hak membawa pulang medali emas.

Persaingan mendesain jembatan itu berskala internasional yang berpusat pada penemuan kreatif. “Keikutsertaan Logawa Vittoria di BDC 2024 berasal dari pengalaman kami pada tahun lalu qris slot sebagai regu junior yang masih belum mujur menerima kampiun,” kata Carel Aditya Saputra, Ketua Tim Logawa Vittoria, dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Sabtu 4 Mei 2024.

Dari pengalaman itu, kata Carel, timnya lebih mengedepankan desain jembatan yang tak hanya kokoh dan bisa mengaitkan satu daerah ke daerah lain, melainkan juga berkonsep ramah lingkungan. Alhasil, Carel mengklaim sebuah konfigurasi jembatan yang berbeda dari yang lain.

Perusahaan multinasional teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft menambah investasi di Malaysia sebesar 2,2 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 35 triliun. Hal tersebut diberikan tahu segera oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim sesudah bersua dengan Chief Executive Officer atau CEO Microsoft, Satya Nadella di Putrajaya, pada Kamis 2 Mei 2024.

“Terima kunjungan hormat Pengerusi dan Ketua Pegawai Eksekutif Microsoft, Satya Nadella, serta delegasi di Putrajaya hari ini. Satya memaklumkan bahawa gergasi teknologi Microsoft bersetuju untuk menambah pelaburan berjumlah USD2.2 billion (RM10.5 billion) dalam tempoh 4 tahun akan datang,” kata Anwar melewati media sosialnya @anwaribrahim_my.