Tersambung ke Jurusan Teknik Komputer: Mata Kuliah dan Peluang Kerja

Tersambung ke Jurusan Teknik Komputer: Mata Kuliah dan Peluang Kerja

jurusan teknik komputer

Brainies, kerap nggak sih anda ngeliat teman-teman anda ternyata hobi banget dengan hal-hal berbau komputer, gadget, dan teknologi?

Terus nih, pasti anda memiliki teman yang tidak cuman update keterangan perihal gadget terbaru, ternyata dia juga memiliki skill untuk ngoprek dengan kata lain bongkar-pasang gadget dan alat computer lainnya. Ditambah lagi, dia juga paling sadar dengan persoalan software komputer, suka diminta mendukung instal software terbaru, atau menghalau virus di laptop atau komputer.

Saat ditanya, “Kuliah mau masuk jurusan apa, gan?”, teman anda segera menjawab, “Teknik komputer, nih!”.

Nah, sesungguhnya apa sih jurusan teknik computer itu? Bagaimana kegiatannya? Apakah sesungguhnya cuma ngoprek benda-benda computer dan gadget saja?

Eits, ternyata nggak se-cuil itu, Brainies!

Makanya, yuk, review artikel ini sehingga anda tersambung dengan jurusan teknik komputer. Brain Academy akan mengulas secara lengkap seputar jurusan teknik komputer, merasa berasal dari apa yang mereka pelajari, mata kuliah, prospek kerja, dan perguruan tinggi yang sediakan jurusan ini.

Apa yang dipelajari di jurusan teknik komputer?
Teknik computer adalah jurusan yang mempelajari, menganalisis, dan merancang strategi seputar perangkat digital. Di jurusan teknik komputer, anda akan mempelajari segudang pengetahuan yang masih mengenai dengan teknik elektro dan teknik informatika. Maka berasal dari itu, jurusan teknik computer ini cakupan ilmunya terbilang amat luas dan fleksibel, seperti hardware dan software.

Jurusan teknik computer tergabung didalam fakultas teknik elektro yang rtp slot gacor sebabkan anda jadi suka untuk menggali dan mengeksplorasi perihal mikroprosesor, sirkuit, konduktor yang ada pada perangkat komputer. Apa saja tuh? Smartphone, komputer, laptop, dan gadget lainnya yang mendukung penerapan IoT (Internet of Things).

Selain itu, jurusan teknik computer juga mempelajari bhs pemrograman, AI (Artificial intelligence), kecerdasan buatan, robotika, machine learning, sampai blockchain development.

Saking luas dan fleksibelnya cakupan pembelajaran, jurusan teknik computer ini senantiasa diminati oleh calon mahasiswa untuk memperdalam ilmunya di bangku perkuliahan. Apalagi, teknologi dan digitalisasi senantiasa berkembang pesat dan tambah canggih, sudah pasti juga tambah banyak diimplementasikan di kehidupan kita sehari-hari. Di segi bisnis, banyak perusahaan yang butuh computer engineer untuk mengoptimalisasikan bermacam product bisnis mereka.

Mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik komputer
Sebagai calon computer engineer yang keren dan mantap jiwa, anda sebagai mahasiswa jurusan teknik computer nantinya akan studi seputar hardware, software, dan computer networking. Jurusan teknik computer amat melekat dengan pengetahuan matematika, fisika, kimia, dan biologi yang tergabung didalam rumpun SAINTEK (Sains dan teknologi).

Baca juga: Yuk, Terkoneksi dengan Jurusan Teknik Telekomunikasi!

Lha, kok ada studi biologi segala? Buat anda yang parno dan tadinya mengidamkan menjauhkan biologi, nggak usah takut! Dalam jurusan teknik komputer, pengetahuan biologi dipelajari ulang karena nantinya anda sanggup saja mendapat mata kuliah pilihan yang mengenai dengan pengetahuan biomedis, seperti sebabkan dan mengembangkan perangkat kebugaran yang ada di rumah sakit.

Secara umum, jurusan teknik computer didalam perkuliahan memiliki 3 (tiga) peminatan: hardware, software, dan cloud computing.

Lalu, mata kuliah yang akan dipelajari pada jurusan teknik computer ini, apa saja ya? Nah, berikut adalah daftar mata kuliah yang akan anda pelajari di jurusan teknik computer Telkom University kurikulum 2020:

1. Peminatan hardware
Sub-peminatan: LSI design, proses robotika cerdas, RPA (Robotic process automation), proses tertanam.

a. Pengenalan teknik komputer
b. Matematika diskrit
c. Algoritma dan pemrograman
d. Probabilitas dan statistika
e. Kalkulus
f. Fisika dasar
g. Biologi
h. Logika matematika
i. OOP (Object oriented program)
j. Rangkaian listrik
k. Elektronika
l. Desain proses digital
m. Mikroprosessor

3. Peminatan cloud computing (Jaringan)
Sub-peminatan: Teknologi penginderaan jauh, manajemen keamanan proses informasi, computer forensik.

a. Pengenalan teknik komputer
b. Matematika diskrit
c. Algoritma dan pemrograman
d. Probabilitas dan statistika
e. Kalkulus
f. Fisika dasar
g. Biologi
h. Logika matematika
i. OOP (Object oriented program)
j. Jaringan computer dan data (1 dan 2)
k. Cloud computing
l. Keamanan proses computer